Manfaat Penggunaan Panel Surya

24 February 2022

Manfaat Penggunaan Panel Surya
  • Manfaat Penggunaan Panel Surya

Secanggih-canggihnya teknologi saat ini adalah teknologi yang menggunakan listrik. Oleh sebab itu, listrik menjadi prioritas utama yang wajib pada anggaran pengeluaran keluarga. Sayangnya biaya atau tarif listrik cenderung terus meningkat. Membuat masyarakat harus berpikir cara untuk menghemat penggunaan listrik agar biaya tidak semakin membengkak.

Dalam perihal ini, pemerintah indonesia pun semakin gencar dalam menggaungkan penggunaan sumber daya terbarukan yang dapat diperoleh oleh masyarakat, salah satunya dengan pemasangan panel surya di tiap-tiap rumah.

Panel surya adalah sistem pembangkit listrik yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi daya listrik dengan efek fotovoltaik. Energi listrik itu akan disimpan dalam baterai yang kemudian digunakan untuk sumber daya listrik.

Panel surya memiliki beberapa manfaat salah satunya adalah menghemat biaya pemakaian listrik. Selebihnya maanfaat dari panel surya akan kita ulas bersama.

1. Hemat Listrik

Dengan pemasangan panel surya berarti kita memiliki sumber energi listrik selain listrik dari PLN. Karena kebutuhan listrik yang dipenuhi oleh dua sumber, maka panel surya dapat membantu untuk mengurangi tagihan listrik bulanan. Dengan pemakaian panel solar, tagihan listrik dapat berkurang sampai 50% bahkan bisa tidak perlu membayar tagihan listrik karena kebutuhan listrik dapat terpenuhi oleh panel solar. 

Mengingat biaya listrik konvensional (PLN) yang cenderung naik setiap tahun, maka penggunaan panel surya dapat menjadi pilihan investasi terbaik untuk puluhan tahun ke depan.

 

2. Ramah Lingkungan

Tenaga surya dikenal sebagai energi yang ramah lingkungan karena tidak memancarkan emisi karbon berbahaya yang dapat berkontribusi dalam menghasilkan perubahan iklim.

Panel surya bersumber dari cahaya matahari, sinar matahari merupakan sumber daya yang tidak terbatas atau tidak pernah habis dan selalu terbarukan. Hal ini berbeda dengan sumber energi lain yang menggunakan bahan bakar fosil yang jika dipakai berlebihan dapat menimbulkan kelangkaan.

3. Mudah Diterapkan di Indonesia

Indonesia terletak pada garis khatulistiwa (negara tropis), membuat indonesia mendapatkan sinar matahari yang melimpah. Hal ini menjadi salah satu keuntungan karena sistem panel solar dapat diterapkan di setiap rumah untuk menjadi pembangkit listrik mandiri.

4. Tahan Lama

Panel surya memiliki masa pakai yang mencapai hingga 30 tahun. Masa pakai yang lama ini menjadi garansi bagi pengguna untuk mendapatkan energi listrik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kerena memiliki ketahanan yang kuat, panel surya diyakini mampu bertahan dalam perubahan cuaca yang ektrem. Selain daya tahan kuat, panel listrik pun memiliki biaya pemeliharaan yang rendah. Untuk perawatan kamu hanya perlu membersihkannya dan mengganti inverter atau kabel jika dibutuhkan.

Demikian beberapa manfaat dari pemakaian panel solar. Jika memakai panel solar jangan lupa ya untuk tetap menggunakan genteng M-Class untuk penutup atapmu, karena dapat dipastikan genteng M-Class kuat untuk menahan beban dari panel solar, jadi kamu tidak perlu khawatir gentengmu akan bocor.

Semoga artikel ini dapat membantu ya.